Bandung Kota Kembang dan Paris Van Java

Bandung Kota kembang - Siapa yang tidak kenal dengan kota besar tersebut? Salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia ini berhasil menyedot banyak wisatawan. Pada awalnya sekitar tahun 1896 Bandung hanya masih berupa sebuah perkampungan yang berisi masyarakat pribumi dan Eropa. Masyarakat Eropa yang tinggal dan mendominasi adalah dari orang Belanda. Sebutan Kota Kembang sendiri tidak berarti bunga  pada arti yang sesungguhnya, karena di sana hanya ada satu taman.

Bandung Kota Kembang dan Paris Van Java
Bandung Kota Kembang dan Paris Van Java

Bandung Kota Kembang Asal-usul

Bandung Kota Kembang sebelumnya merupakan kampung kecil dengan jumlah penduduk tidak mencapai 30 ribu orang. Pribumi hidup berdampingan dengan penduduk asing yang merupakan warga Eropa yang mayoritas berasal dari Belanda. 

Desa Bandung mulai berkembang ketika tahun 1896 ditunjuk menjadi tuan rumah untuk pertemuan Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Gula atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Bestuur van de Vereniging van Suikerplanters yang berpusat di kota Surabaya. 

Karena masih berbentuk perkampungan kurang maju, maka fasilitas yang ada di Bandung kurang memadai jika dipilih sebagai kota kongres. Oleh karena itu Meneer Schenk memberi masukan kepada Meneer Jacob selaku panitia untuk memberikan hiburan kepada para peserta kongres dengan menghangatkan cuaca dingin pegunungan dan suasana waktu itu.

Wanita belanda bandung tempo dulu
Wanita belanda bandung tempo dulu
Oleh karena itu, didatangkanlah gadis-gadis cantik Indo-Belanda dari perkebunan Pasirmalang. Karena hiburan tersebut, para peserta kongres merasa puas dan senang dengan hiburan yang diberikan. Jadi, bunga pada Kota Kembang Bandung di sini bukan berarti pada bunga sesungguhnya. Maksud bunga di sini adalah para gadis yang didatangkan dari Pasirmalang. Maka disebutlah Bandung Kota Kembang. Selain dikenal dengan sebutan Kota Kembang, Bandung juga dikenal dengan julukan Paris Van Java. Pariz van Java di sini berarti Parisnya Jawa.

Julukan Bandung Paris Van Java

Bandung Kota Kembang ini juga mendapat julukan Paris van Java tersebut karena dulunya banyak toko-toko yang menjual barang-barang produksi Paris. Ada banyak toko pakaian dengan mode Paris yang terkenal di sana. Salah satu tokonya adalah Modemagazinj’au bon marche yang menyediakan gaun wanita. Ada juga Maison Bogerijen, restoran khas Paris yang menjadi tempat favorit santap makanan para pejabat dan pengusaha Hindia- Belanda maupun Eropa. 

Bandung Paris Van Java
Bandung Paris Van Java
Jadi, julukan Kota kembang dan Pariz Van Java tidak berkaitan langsung dengan bunga atau Paris yang sebenarnya. Barangkali daerah tersebut dulunya merupakan Pasar Kota Kembang Bandung.
Bandung Kota Kembang sebagai Tempat Wisata Sejarah

Sejarah Bandung Kota Kembang saja merupakan hal yang menarik untuk diketahui. Tentu saja masih banyak sejarah lain yang ada di kota ini. Ada beberapa tempat atau bangunan yang bersejarah dan menjadi tujuan tempat yang bias menjadi pilihan paket wisata Bandung murah. Tempat dan bangunan bersejarah tersebut seperti, Gedung Sate, Jalan Asia Afrika, Kilometer 0, Masjid Agung, Gubernuran, Stasiun Pusat Kereta Api Bandung, Villa Isola, Jalan Braga, Gedung Merdeka dan Gedung Konvensi Landmark. 

Gedung Sate atau biasa disebut sebagai Gedung Putihnya Bandung sering dijadikan sebagai tempat tujuan oleh wisatawan. Gedung ini memiliki ciri khas terdapat enam tusuk sate di atas bagian gedung, hal ini melambangkan 6 juta gulden yang dipakai untuk membangun gedung ini. 

Jalan Asia Afika Bandung

Jalan Asia Afrika merupakan tempat dimana terdapat Museum Asia Afrika yang mengabadikan Konferensi Asia Afrika. Kilometer Nol merupakan penanda pusat kota Bandung di Jalan Asia Afrika. Masjid Agung yang terletak di dekat alun-alun mempunyai ciri khas berupa menara yang menjulang tinggi. Kemudian ada Jalan Braga yang merupakan jalanan dengan banyak gedung dan tempat yang bersejarah di sepanjang jalan. 

Kawasan asia afrika bandung dulu
Kawasan asia afrika bandung dulu
Selain itu, banyak tempat wisata sejarah lainnya bisa dikunjungi langsung agar dapat merasakan atmosfir sejarah yang ada di Bandung Kota Kembang. Banyak paket wisata Bandung murah yang sudah disediakan untuk mempermudah perjalanan berlibur ke kota kembang tersebut

Infomasi Mawa Holiday : +6222 9349 7664 Office | +6281 220 860 758 Simpati  / Whats App | D3B9887F BlackBerry Messenger | email : mawaholiday@gmail.com | Atau datang langsung ke kantor kami, Jl. Terusan Jakarta Kawasan Ruko Puri dago Lt 1 No 320 Antapani Bandung.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar