Jajanan Khas Kota Bandung

Jajanan Khas Kota Bandung yang beraneka macam patut untuk dicoba. Bandung memang kota wisata, selain wisata alam, sejarah, dan belanja, kota ini juga menyajikan wisata kuliner yang beraneka ragam. Beranekaragam jenis jajanan khas Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Ketika melakukan perjalanan paket wisata Bandung murah, sempatkanlah waktu untuk mencicipi beberapa sajian yang membangkitkan nafsu makan Anda.

Jajanan Khas Kota Bandung Mengenyangkan dan Menyenangkan

Setiap daerah pasti memiliki jajanan atau makanan khas sebagai ikon daerah tersebut, tak terkecuali Bandung. Kota kembang ini memiliki beberapa jajanan tradisional berupa combro. Combro merupakan makanan tradisional berbahan dasar singkong. 

Jajanan khas kota bandung
Jajanan khas kota bandung
Singkong tersebut diparut dan diolah dan dibentuk lonjong. Combro biasanya berisi sambal oncom di dalamnya. Sebelum digoreng, sambal tersebut dimasukkan ke dalam adonan combro yang sudah dibentuk. Oleh karena itu makanan ini disebut combro atau oncom di jero (di dalam). Jajanan Khas Kota Bandung ini banyak dijajakan penjual gorengan dan lebih enak jika disantap selagi hangat.

Makanan Khas Bandung berikutnya yang perlu dicoba adalah misro. Misro mirip dengan combro, hanya saja isi di dalamnya yang berbeda. Jika combro beriso oncom, maka misro berisi gula merah. Maka dari itu makanan ini disebut misro atau amis (manis) di jero. Jajanan Kas Kota Bandung selanjutnya adalah cendol yang biasanya berbentuk minuman. 

Cendol merupakan minuman manis khas Sunda. Cendol ini mirip dengan dawet yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbahan dasar tepung beras yang diberi pewarna hijau dan kemudian disajikan dengan santan dan gula merah. Minuman ini banyak ditemukan di Bandung dan sangat nikmat jika diminum saat panas terik.

Jajanan Khas Kota Bandung berikutnya adalah surabi. Surabi merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan dibakar. Bentuk serabi hampir menyerupai pancake. Surabi bandung sedikit berbeda dengan serabi yang ada di daetah lain. 

Di Bandung, surabi akan diisi dengan berbagai bahan seperti buah-buahan, oncom, hingga sosis. Anda dapat memilih topping pada surabi sesuai keinginan. Surabi di sini juga ada sedikit rasa asin yang berbeda dengan serabi yang ada di Jawa Tengah yang akan terasa manis.


Jajanan Khas Kota Bandung Makanan Tradisional


Jajanan Tradisional Bandung selanjutnya adalah peuyeum. Peuyeum merupakan makanan fermentasi dari singkong yang menjadi Jajanan Khas Kota Bandung. Peuyeum merupakan tape singkong yang kering dan dapat digunakan sebagai campuran minuman atau makanan enak. Makanan ini akan sangat mudah ditemukan di Bandung, biasanya juga menjadi buah tangan favorit para wisatawan. Peuyeum Bandung sudah sangat dikenal banyak masyarakat luas. 

Jajanan khas bandung tradisional
Jajanan khas bandung tradisional
Makanan ringan selanjutnya yang ada di kota kembang adalah cireng. Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan ini terbuat dari tepung kanji (aci) yang diolah kemudian digoreng. Saat ini sudah banyak olehan cireng isi, cireng ini terdapat isi sosis, bakso atau yang lainnya. Olahan aci lainnya yang terkenal adalah cilok ( aci di colok).

Selain jenis jajanan di atas, Bandung juga memiliki minuman khas yang dapat menghangatkan malam Anda. Bajigur merupakan minuman hangat yang terbuat dari gula aren dan santan. Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca dingin atau saat hujan mengguyur kota Bandung. 

Beberapa makanan tersebut merupakan makanan khas yang ada di Bandung, tentu saja selain makanan yang disebutkan masih banyak lagi Jajanan Khas Kota Bandung yang perlu dicoba. Paket wisata Bandung murah tidak hanya menyenangkan, namun juga mengenyangkan. Selamat Mencoba!

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com