Menikmati Indahnya Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi

Menikmati Indahnya Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi - Bandung bukan hanya terkenal dengan kulinernya. Bandung juga mempunyai banyak keindahan panorama alam salah satunya yaitu curug. Kali ini saya akan memberikan sedikit review mengenai Curug Cimahi. Curug (bahasa sunda) yang artinya air terjun, ketinggiannya kurang lebih mencapai 87 meter.

AIR TERJUN PELANGI ATAU CURUG CIMAHI

Apakah Anda pernah mendengar curug cimahi? Ya, curug ini sudah ada dan dibuka sejak tahun 1992. Sempat vakum pada tahun 2010-an karena ada pembenahan dan direvitalisasi hingga dibuka kembali pada tahun 2014. Dan terbukti hingga saat ini sudah menginjak tahun 2017 tempat ini mengalami peningkatan yang signifikan, karena adanya konsep dan penataan yang baru sehingga kawasan ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Menikmati Indahnya Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi
Menikmati Indahnya Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi
Kini curug ini sering dikenal dengan sebutan Curug Pelangi (The Rainbow Waterfall). Kenapa disebut dengan curug pelangi? Karena di curug ini sering mucul adanya kehadiran fenomena pelangi. Fenomena pelangi ini muncul karena adanya intensitas cahaya matahari dan pertikel air yang berhamburan di udara sekitar curug. Namun saat matahari tertutup oleh awan, pelangi akan menghilang untuk sementara.

Bukan hal yang aneh lagi jika kawasan wisata curug pelangi dipadati dengan pengunjung. Bahkan bukan hanya penduduk lokal saja yang menikmati indahnya panorama curug pelangi. Banyak juga turis-turis luar negeri seperti Singapura, Malaysia yang datang ke tempat wisata alam yang berada di kawasan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini. Tak heran jika bus wisata nangkring di parikiran kawasan wisata curug pelangi ini.

Maka, bagi Anda yang sangat gemar dengan traveling tempat ini sangat recommended untuk Anda kunjungi. Apalagi jika Anda gemar berselfie untuk kegiatan media sosial. Ketika Anda memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhi keindahan panorama alam dengan monyet yang berada disekitar kawasan curug pelangi tersebut.

Nah loh, tapi kenapa ya disebut Curug Cimahi? karena air yang mengalir di atasnya adalah Sungai Cimahi. Sungai tersebut berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir sampai Kota Cimahi. Untuk mencapai curug nya, Anda akan berjalan kaki dari gerbang masuk dengan menuruni 587 anak tangga dengan waktu kurang lebih sekitar 30 menit. Walaupun perjalanan menuju tempat ini dibilang rapi karena kondisi tangga yang sangat baik, tetapi jangan sesekali Anda menggunakan high heels, karena ketika menuruni anak tangga maka sendi-sendi Anda akan menerima tekanan 2x lipat dari berat tubuh Anda.

Itu semua akan terasa ringan setelah menerima percikan air dari curug yang membuat Anda merasa segar kembali karena air alami yang membuat tubuh bangkit bersemangat. Tapi tetap harus hati-hati bila Anda sering sesak nafas. Harus sedia obat ya.. karena tidak jarang banyak yang tidak kuat dan habis pernafasan karena banyaknya anak tangga. Makin besar deh kaki dua duanya hehe.. tapi tenang saja, karena pada saat perjalanan menuju curug, akan ada beberapa rest area bagi yang kelelahan saat meuruni atau menaiki anak tangga. Dari tempat rest area pun Anda sudah bisa lihat langsung pemandangan curug cimahi.

Rute Menuju Kawasan Curug Cimahi (Curug Pelangi)

Untuk lokasinya sendiri sebetulnya bukan bertempat di Kota Cimahi. Namun tempat wisata ini bisa dijangkau dari arah Cimahi melalui jalur Cihanjuang-Parongpong dan dilanjutkan ke Lembang melalui Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jika Anda dari Kota Cimahi, maka untuk mencapai tempat ini menempuk jarak sekitar 10 km. Jika Anda berangkat dari Bandung, maka jarak tempuh menuju kawasan ini sekitar 20 km. Tenang saja, karena jalan untuk menuju objek wisata ini umumnya sudah diaspal dengan baik sehingga memudahkan Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Jika pemberangkatan dari Bandung, Anda cukup melalui jalur Cihideung menuju Cisarua. Dan bila menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkutan kota jurusan Cicaheum Ledeng lalu turun di terminal Ledeng. Setelah itu naik angkutan lagi dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Setelah tiba di terminal Sukasari, perjalanan dilanjut dengan berjalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit. Tetapi jika berangkat dari Cimahi, Anda hanya perlu sekali naik angkutan umum dari Terminal Pasar Atas jurusan Cimahi-Cisarua dengan tarif sebesar Rp.5.000,-

Harga Tiket Objek Wisata Curug Cimahi (Curug Pelangi)

Harga tiket masuk ke curug cimahi dibandrol cukup murah hanya sebesar Rp.15.000,- per orang. Tempat parkirpun tersedia di area terminal angkutan kota kecil yang terletak persis dipinggir gerbang masuk Curug Cimahi. Portal masuk dibuka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 WIB. Tetapi jika cuaca sedang hujan, jangan sesekali kesana ya.. karena jika hujan turun, tempat ini jadi sangat ekstrim dan kadang ditutup jika tidak memungkinkan.

Bagaimana ? penasaran bukan ? Apabila Anda merasa kebingungan untuk mencapai kawasan Wisata Curug Cimahi atau paket wisata bandung murah, Anda bisa mendapatkan penawaran yang terbaik dari kami terkait paket wisata atau Anda dapat mengunjungi kami di www.mawaholiday.com. Yuk langsung saja berkunjung ke kawasan Wisata Curug Cimahi bersama kami.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com