Bukit Jamur Ciwidey - Wisata Terbaik Bandung Selatan

Ketika berbicara tentang pohon cemara maka selalu teringat alunan lagu anak-anak yang gemar dinyayikan oleh Tasya (penyanyi cilik tahun 2000-an). Tapi bukan masalah lagunya, kami akan membahas tentang pohon cemara yang unik. Wisata ini disebut Bukit Jamur, letaknya berada di daerah Ciwidey, tepatnya di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Provinsi Jawa Barat. Ciwidey sangat terkenal dengan wisatanya yang menarik dan indah.

Bukit Jamur Ciwidey - Wisata Terbaik Bandung Selatan
Bukit Jamur Ciwidey - Wisata Terbaik Bandung Selatan
Pemandangan dikawasan Ciwidey sangat disayangkan jika Anda melewatkannya. Sebetulnya bukit jamur ini bukanlah sebuah bukit yang berada pada dataran tinggi. Tempat ini hanyalah sebuan taman yang banyak ditumbuhi oleh pohon cemara yang pendek dan bentuknya sangat unik, yaitu menyerupai sebuah jamur payung.

Wisata Bukit Jamur Ciwidey

Kenapa disebut bukit jamur? Karena bentuknya tidak datar atau berbentuk setengah bola seperti lengkungan. Maka dari itu, warga setempat yang datang ke tempat ini menyebutnya sebagai Bukit Jamur. Jadi, jangan salah ekspektasi dulu ya.. karena tempat ini bukanlah tempat wisata dimana kita dapat memetik aneka jamur.

Bukit jamur ini berada di dekat pabrik teh PT. Perkebunan Nusantara VIII. Pabrik teh ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda, tepatnya saat mereka menjajah tanah priangan. Di tempat ini juga hadir beberapa rumah peninggalan Belanda dengan gaya klasik, yang ditandai dengan adanya cerobong asap yang berguna sebagai penghangat ruangan karena letak rumah berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha yang berada di dataran tinggi Ciwidey. Jika Anda mengunjungi bukit jamur, maka tempat ini adalah salah satu anti mainstream wisata yang Anda jelajahi. Bahkan tak sedikit banyak yang menggunakannya sebagai tempat foro pre-wedding.

Baca Juga : Paket Wisata Bandung Selatan

Bukit jamur ini belum secara resmi dijadikan tempat wisata, oleh karenanya untuk memasuki kawasan ini Anda tidak akan diminta untuk membayar tiket masuk alias gratis. Lokasi ini adalah kawasan singgahan dan belum dikelola oleh pemerintah desa maka belum diberlakukan system retribusi tiket. Karena tempat ini bukanlah tempat wisata yang resmi, maka di taman ini tidak ada fasilitas umum yang bisa digunakan.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda harus membawa perbekalan dari rumah, agar Anda tidak terganggu masalah perut dan dahaga. Anda akan terbayar dengan adanya pepohonan yang hijau dan rindang yang membuat cuaca sangat sejuk dan segar.

Untuk tiba di Bukit Jamur ini, Anda dapat mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun disarankan agar menggunakan roda dua karena jalan menuju Desa Rancabolang sedang diperbaiki, sehingga dibeberapa titik masih terdapat jalanan berbatu dan rusak parah. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Panduan Perjalanan Menuju Bukit Jamur Ciwidey

Rute tercepat jika pemberangkatan dari Kota Bandung yaitu  melalui Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Margahayu – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Baru Tunggul – Dusun Keneng – Desa Rancabolang. Belokan menuju arah Desa Rancabolang berada sesudah Alfamart dan di arah kiri sebelum kolam renang The Valley Resort.

Jadi jika telah melewati kolam renang The Valley Resort, maka Anda jangan meneruskan perjalanan, melainkan berbalik arah dan menuju Desa Rancabolang.  Dari belokan tersebut Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan kearah Baru Tunggul. Setelah berada di Baru Tunggul kembali arahkan kendaraan menuju Desa Rancabolang, dan Bukit Jamur ini berada setelah melewati pertigaan PLTU. Geodipa Energi.

Patokan paling mudah untuk menuju ke tempat ini dengan menuju ke kawasan Geodipa Energi atau kawasan kebuh teh Rancabolang milik PTPN VIII yang berada di Ciwidey.
Tertarik untuk melihat keunikan pohon cemara yang anti mainstream ini? Yuk, siapkan properti foto dan ajak teman-teman agar petualannya semakin menyenangkan.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com