Situ Cileunca Pangalengan Bandung - Informasi Wisata Outing Arum Jeram Bandung Selatan

Situ Cileunca - Pangalengan adalah sebuah kawsan yang terkenal akan susu sapi perahnya, bukan hanya tentang susu sapi perah, tapi ada beberapa tempat wisata yang boleh untuk dijadikan destinasi  menarik untuk Anda coba. Salah satunya ‘Situ Cileunca’ yang artinya adalah Situ – Danau, Cileunca – sebuah pohon leunca yang dulunya banyak tumbuh disekitar danau Cileunca ini.

SITU CILEUNCA PANGALENGAN BANDUNG

Situ Cileunca adalah sebuah danau buatan yang dibangun antara tahun 1919 sampai dengan 1926. Memakan waktu cukup lama dalam pembuatannya karena wilayah danaunya yang begitu luas. Situ Cileunca berada pada ketinggian sekitar 1550 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 1400 Ha.
Situ Cileunca Pangalengan Bandung - Informasi Wisata Outing Arum Jeram Bandung Selatan
Situ Cileunca Pangalengan Bandung - Informasi Wisata Outing Arum Jeram Bandung Selatan
Karena ketinggian tersebutlah yang membuat kawasan ini menjadi sejuk walaupun pada siang hari, apalagi pada malam hari akan membuat badan terasa menggigil karena suhu pada malam hari bisa mencapai di bawah 15 derajat celcius. Lingkungannya yang masih asri dan pepohonan yang hijau dapat menyegarkan mata. Air yang mengisi di danau ini adalah air dari sungai Palayangan yang sekarang dijadikan untuk wisata arum jeram.

Review Situ Cileunca

Situ Cileunca adalah batas bagi wilayah Desa Pulosari dan Desa Wanasari. Karena itulah warga membuat ide supaya dapat mencapai suatu desa tersebut dengan cepat dan tidak memutar mengililingi dan menelurusi jalan pinggiran danau. Maka dari itu, dibuatlah sebuah jembatan agar warga sekitar dapat mengakses jalan dengan mudah.

Baca Juga : Paket Wisata Outing Bandung Murah

Jembatan yang membelah danau Situ Cileunca ini dibangun untuk keperluan jarak dan waktu yang lebih cepat untuk menuju kedua desa tersebut. Jembatan ini dibangun dengan sangat kuat dan letaknya berada di tengah danau dan bisa dilalui oleh 2 unit motor yang berjalan berlawanan arah. Dengan berwarnakan cat merah yang sangat kontras pada jembatan ini, terlihat jelas dari pinggiran danau indahnya jembatan yang sangat panjang di tengah danau dan sering sekali untuk tempat berkumpulnya para muda mudi dari kedua desa tersebut, maka dari itulah jembatan ini disebut Jembatan Desa.

Info Harga & Fasilitas Wisata Situ Cileunca Pangalengan

Harga tiket masuknya pun murah, Anda cukup membayar sebesar Rp.5.000,- saja per orang atau sebesar Rp.14.000,- jika Anda menggunakan kendaraan roda dua (motor) dan itu sudah termasuk biaya penumpang. Jika Anda telah memasuki wilayah utamanya, maka Anda akan menjumpai beberapa kios yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjung.

Selain itu, jika Anda ingin mencoba mengelilingi danau tersebut, maka Anda dapat menyewa perahu seharga Rp.75.000,- untuk 10 orang penumpang, jadi per orang hanya sebesar Rp.7.500,- saja. Dengan harga tersebut Anda sudah dapat merasakan kenikmatan suasana danau yang sejuk, segar, dan membuat pikiran tenang dengan memandang pepohonan hijau disekitar pinggiran danau.

Jika Anda gemar dengan wisata adventure, Anda juga dapat mencoba wisata arum jeram yang menelusuri aliran sungai Cileunca dengan arus yang cukup deras dan Anda dapat memilih paket-paket sesuai dengan keinginan Anda. Terdapat juga wahana outbound dan juga paint ball.

Panduan Rute Menuju Situ Cileunca Ciwidey

Untuk menuju ke Situ Cileunca, ada beberapa jalan yang bisa Anda lalui, meski berada ditempat yang agak terpencil namun tidak terlalu sulit untuk mencapai Situ Cileunca ini. Tepatnya di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jika dari arah Kota Bandung jarak tempuh sekitar 45 Km. Untuk menuju ke lokasi jembatan cinta ini dari Kota Bandung menuju arah Soreang lalu kea rah Ciwidey dan akan sampai ke daerah Pangalengan. Jika Anda membawa kendaraan bermotor, maka jangan disimpan terlalu jauh dari keberadaan Anda jika tidak ada tempat penitipan barang.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar