Telaga Situ Patenggang - Info Wisata Ciwidey Bandung Selatan

Telaga Situ Patenggang - Situ Patenggang adalah tempat wisata yang berada di bagian Bandung Selatan. Berawal dari sebuah legenda yang hingga saat ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh masyarakat.

Nama popular yang sering digunakan ada 2, pertama yaitu “Situ Patengan” apabila traveler menyebutnya “Situ Patengan”, maka hal ini mengacu pada nama desa dimana danau ini berada. Nama “Situ Patengan” berasal dari bahasa sunda “Pateangan” yang artinya saling mencari. Sedangkan yang kedua yaitu “Situ Patenggang” sendiri yang juga dari bahasa sunda yang artinya terpisah dari jarak ataupun waktu.

Telaga Situ Patenggang - Info Wisata Ciwidey Bandung Selatan
Telaga Situ Patenggang - Info Wisata Ciwidey Bandung Selatan 
Kedua nama tersebut memiliki filosofi tersendiri yang menunjukkan identitas situ serta saling memiliki keterkaitan. Konon kedua nama tersebut menceritakan sebuah kisah sepasang kekasih yang saling mencintai.

Telaga Situ Patenggang

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, maka lokasi ini sangat mudah untuk dicapai. Danau ini sangat dekat dengan tempat wisata kawah putih dengan jarak sekitar 7 km saja dengan waktu 10 menit. Jika Anda datang dari pusat Bandung, maka jarak tempuh untuk mencapai tempat ini sekitar 35 km dengan waktu tempuh 1 jam.

Danau situ patenggang ini juga terletak di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut dan juga berada di bawah kaki Gunung Patuha. Karena melihat dari posisinya tersebut, maka jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan udara yang dingin dan sangat segar. Luas area Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar dengan total besar wilayah cagar alam sekitar 123.077,15 hektar yang tercatat di kawasan danau di Bandung Selatan.

Anda dapat merasakan eksotisme panorama alam danau ciwidey yang akan memanjakan mata Anda. Disekitar Situ Patenggang Anda bisa menyaksikan hamparan kebun the nan hijau dan luas yang terkadang diselimuti kabut putih dengan cuaca agak gelap dan udara dinginnya yang khas. Anda bisa berkeliling mengelilingi kawasan danau, kami sarankan Anda berjalan kaki saja, karena danau tidak terlalu besar dan akan lebih asik bila berjalan kaki.

Danau ini memiliki legenda lokak situ patenggang sebagai tempat wisata yang romantic, karena bentuk danau yang mirip Batu Cinta. Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan di Situ Patenggang adalah memancing. Bila Anda hobi memancing, sepertinya Situ Patenggang termasuk spot yang menyenangkan, tidak kalah dengan lokasi pemancingan lainnya di Badung.

Berikut akan saya paparkan harga tiket masuk Danau Situ Patenggang:

  • Wisatawan lokal Rp.18.000,-/orang/weekday, Rp.20.500,-/orang/weekend.
  • Wisatawan asing Rp.135.000,-/orang/weekday, Rp.185.000,-/orang/weekend.
  • Roda 2 Rp.3.500.-/weekday dan weekend.
  • Roda 4 Rp.11.500,-/weekday dan weekend.
  • Bus/Truk Rp.22.000,-/weekday dan weekend.
Jam operasional atau jam buka situ patenggang dibuka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Fasilitas situ patenggang yaitu banyaknya perahu dengan warna-warna terang yang akan selalu siap mengantar Anda dan keluarga untuk menjelajahi lebih jauh mengenai danau ini.

Anda dapat melakukan tawar menawar dengan harga perahu agar tidak terlalu mahal. Tiket atau sewa untuk perahu untuk mengunjungi batu cinta berkisar antara Rp.150.000,- s/d Rp.250.000,- per perahu, kemudian tiket naik angsa-angsa kisaran Rp.25.000,- s/d Rp.50.000,-.

Rute menuju tempat wisata Situ Patenggang tidaklah sulit, jika Anda keluar dari pintu tol Kopo atau Buah Batu maka Anda mengambil arah selatan Bandung. Di jalan juga telah terdapat beberapa petunjuk jalan untuk menuju kawasan Ciwidey atau Kawah Putih sehingga Anda juga bisa mengikuti arah petunjuk tersebut untuk menuju kawasan wisatanya.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar