Tips Menjadi Tour Leader Sesuai SOP Mawa Holiday & Pariwisata Indonesia

Tips Menjadi Tour Leader 

Tour leader adalah seseorang yang memimpin suatu perjalanan wisata yang berperan sebagai leader/pemimpin rombongan dan dapat berlangsung dengan lancar.nah selain dari itu anda juga harus mempunyai basic yang cukup untuk menjadi seorang tour leader,dan di haruskan membawa suasana.

Seorang Tour Leader / TL tidak wajib mengetahui sejarah,budaya,serta seluk beluk dari setiap kota yang di kunjunginya karena tugas nya bukan menjelaskan tapi hanya mempimpin rombongan tour.
Tips Menjadi Tour Leader Sesuai SOP Mawa Holiday & Pariwisata Indonesia
Tips Menjadi Tour Leader Sesuai SOP Mawa Holiday & Pariwisata Indonesia
Namun akan memiliki nilai tambah bagi seorang Tour Leader / TL juga bisa melengkapi dirinya dengan pengetahuan mengenai kota kota yang di kunjunginya.

Persyaratan seorang Tour Leader / TL ialah penguasaan bahasa ,baik bahasa sendiri ,bahasa asing,maupun sedikit bahasa daerah yangakan ia kunjungi.

Bukan hanya itu seorang Tour Leader / TL harus berpengalaman berinteraksi dengan orang orang pada usia tertentu,misalnya orang tua,anak remaja bahkan anak kecil baik laki laki atau perempuan.

Seorang tour leader juga harus mempunyai rasa sabar karena sebagian dari tamu tidak selalu mempunyai sifat yang sama ada yang baik dan ada yang rewel, dan semua itu harus di lakukan dengan sepenuh hati.

Tugas Tour Leader

Tugas dari pokok dari seorang Tour Leader / TL adalah memimpin dan memandu sebuah perjalanan wisata yang dilakukan sekelompok orang.

Bukan hanya itu Tour Leader / TL biasanya dapat bertugas tugas khusus atau tugas tugas wajib dari tempat perusaahaan dia berkerja, antara lain adalah :

Memperkenalkan profil perusahaan, berterimakasih kepada peserta tour karena sudah memakai jasa perusahaan tempat dimana ia berkerja.

Tips Menjadi Tour Leader Sesuai SOP Mawa Holiday & Pariwisata Indonesia
Tips Menjadi Tour Leader Sesuai SOP Mawa Holiday & Pariwisata Indonesia
Memimpin doa sebelum tour di mulai, menghapal atau tidak mengingat nama nama perserta tour nya, membagikan dan menjelaskan jadwal tour pada peserta.

Menghibur perserta tour, menghubungi hotel dan rumah makan yang nantinya akan di kunjungi peserta tour, menampung saran dan kritik dari peserta tour dan membuat estiminasi biaya perjalanan.

Tour Leader Dan Tour Guide

Perbedaan TL dan Guide Lokal,jelas berbeda memang senantiasa para peserta tour selalu menggeneralisasikan seorang Tour Leader / TL dengan seorang Guide Lokal.

Tak jarang saya temui di lapangan adalah, para peserta meminta penjelasan mengenai objek wisata yang sedang di kunjunginya itu kepada Tour Leader / TL. Memang itu tidak salah,itu hak mereka sebagai peserta.

Namun yang salah adalah mereka,sebagai peserta,tidak akan mendapatkan jawaban yang terperinci mengenai objek atau budaya yang sedang mereka nikmati karena memang Tour Leader / TL tidak di bekali dengan kemampuan penguasaan wilayah atau budaya secara spesifik.

Beda hal nya dengan Guide Lokal, orang yang berfrofesi sebagai guide adalah orang yang sudah dilatih dan dibekali  pengetahuan dan kemampuan sebagai seorang guide sebagai pemandu wisata,yang pastinya sudah mampu menjelaskan secara rinci dan jelas objek wisata kepada peserta.

Berikut Adalah Definisi Tour Leader Dan Tour Guide

Definisi Tour Guide 

Tour gudie atau pemandu tour bertugas memberikan bantuan,informasi,dan interpretasi warisan budaya, sejarah serta kontenporer kepada pengunjung atau wisatawan di tempat bersejarah, museum,keagamaan, dan tempat tempatpenting lain nya, dan bisa menjelaskan tentang objek tempat maupun sejarah dan kejadian apa saja yang  berada di objek tersebut.

Dan saya memempunyai paket liburan buat anda yang senang berlibur datang lah ke Bandung.
Bukan hanya sejarah nya saja di Bandung juga terkenal dengan keindahan alam yang begitu indah dan tidak hanya alam yang indah.
Baca Juga : Paket Wisata Bandung Murah
Bandung juga mempunyai wisata kuliner yang siap menggoda wisatawan karena dengan masakan yang gurih dan lezat ini dapat menggoda lidah para wisatawan, ayo jadi tunggu apa lagi segera lah berkunjung ke Kota Bandung.

Definisi Tour Leader

Tour Leader/TL adalah orang yang mengelola dan mengawasi rencana perjalanan atas nama operator tour, memastikan program yang dilaksanakan seperti yang sudah di jelaskan oleh literatur operator tour dan dijual kepada wisatwan/konsumen yang memberikan informasi praktis lokal.

Biasa nya Tour Leader / TL, dibutuhkan  untung perjalanan rombongan besa,walaupun terkadang rombongan kecil juga bisa menggunakan jasa Tour Leader.

Kelebihan menggunakan Tour Leader ini sangatlah berguna untuk menjaga dan melayani tamu dengan baik dan ramah tamah dan salah satu kunci kesuksesan dalam sebuah kegiatan wisata peran seorang Tour Leader / TL sangatlah penting dan domain dalam waktu selama pelaksanaan wisata ,karena dia yang selalu berinteraksi langsung dengan konsumen / wisatawan.

Dan kami juga menyediakan bus pariwisata dengan interior yang mewah degan harga yang terjangkau anda bisa datang ke alamat Ruko puri dago jl.trsn jalan karta no.416 sukamiskin antapani kota Bandung, Jawa Barat.
Baca Juga : Sewa Bus Pariwisata Bandung Murah

Tanggung Jawab Seorang Tour Leader

Tidak hanya definisinya saja seorang Tour Leader Dan Tour Guide mempunyai tanggung jawab masing masing diantara nya adalah:

Seorang Tour Leader membimbing dan memimpin grup / rombogan dari awal hingga seleseai nya tour, tidak hanya di kota kota tertertentu saja.

Ia juga yang mengatur agar tour berjalan dengan lancar,dimulai dari morning call, on time schedule dengan menyesuaikan kondisi yang ada pada saat tour berlansung dengan itinerary yang telah di rencanakan,sesampai nya tiba di hotel setelah tour pada malam hari nya.
Baca Juga : Jasa Tour Leader Bandung
Dan seorang Tour Guide,hanya menjelaskan dan memaparkan seluk beluk kota tertentu.
Misalkan tour guide untuk kota Bandung, ia bertanggung jawab akan apa yang di jelaskan dan di paparkan seluk beluk mengenai kota Bandung (sejarah, keadaan kota ,transportasi, budaya, kuliner dan lain lain ) kepada peserta / wisatawan.

Walaupun ia dapat menjelaskan destinasi yang berada di luar kota Bandung dan penjelasan penjelasan tempat wisata ,sifat nya hanya additional / tidak wajib.
Dan seorang Tour Guide harus memiliki lensensi dari dinas pariwisata setempat.

Kode Etik Tour Leader

Sesudah tanggung jawab seorang Tour Leader juga harus mempunyai kode etik dalam memandu / memimpin suatu perjalanan / tour diantara nya adalah:

  • Menciptakan kesan penilaian yang baik atas daerah, negara, bangsa dan negara.
  • Mampu menguasai diri, tenang, segar, rapi, bersih serta berpenampilan baik / simpatik
  • Mampu menciptakan suasana gembira dan sopan menurut kepribadian bangsa indonesia 
  • Mampu memberikan pelayanan dan perlakuan yang baik kepada wisatawan / tamu yang berkunjung dengan tidak meminta uang tip, menjajakan barang dan tidak meminta konsumsi.
  • Mampu memahami latar belakang asal usul wisatawan serta mengupayakan untuk meyakinkan wisatawan agar mematuhi peraturan, hukum, adat, dan ras system pollitik sosial negara asal wisatawan 
  •  Mampu menghidari timbul nya pembicaraan serta pendapat yang mengundang perdebatan mengenai kepercayaan , adat istiadat ,agama, ras dan system politik sosial negara asal wisatawan.
  • Memberikan keterangan yang baik dan benar, apabila ada hal yang belum dapat di jalankan , maka tour leader / TL berusaha mencari keterangan tentang hal tersebut dan selanjut nya menyampaikan kepada wisatawan dalam kesempatan berikutnya.
  • Tidak di perkenankan mencemarkan nama baik perusahaan, teman seprofesi dan unsur pariwisata lain nya
  • Seorang Tour Leader / TL tidak di perkenankan untuk menceritakan masalah pribadi yang bertujuan untuk menimbulkan rasa belas kasihan.
  • Tour Leader / TL pada saat perpisahan mampu memberikan kesan yang baik agar wisatawan ingin berkunjung kembali / menggunakan perusahaan nya kemabali.

Dokumen – Dokumen Yang Diperlukan Dalam Oprasional Tour Leader

1. Hal – hal atau catatan – catatan yang perlu di perhatikan dalam oprasional T/L bila ada.
2. Surat tugas pemandu atau T/L dan driver bila di perlukan.
3. Susunan program tour (itinerary)
4. Peta lokasi objek wisata ang akan di kunjungi
5. Photo copy bukti pembayaran objek wisata bila di perlukan
6. Daftar peserta per bus
7. Nomor – nomor telephone penting yang perlu di perhatikan.
8. Panduan expenses keuangan / dana selama perjalanan untuk driver fee
9. Nomor untuk di tempel di kaca depan bus
10. P3K (termasuk kantong plastik untuk berjaga – jaga bila sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi seperti mabuk kendaraan.)

Etika saat memandu antaralain adalah: 

- Bersih, rapi, wang dan sopan
- Bersepatu / sendal trekking dan atribut lengkap
- Memakai atribut HPI (slayer, pin, topi)

Etika ketika sedang memandu wisatawan adalah :

a. Pada saat penjemputan tamu wajib memperkenalkan diri dan team work dengan baik.
b. Menguasai salah satu bahasa asing
c. Menguasai / mampu menjelaskan objek yang akan di kunjungi.
d. Menjaga nama baik semua pihak
e. Mengikuti aturan Taman Nasional dan adat istiadat.
f. Tidak mengkomsumsi alkohol, merokok, dan narkoba saat memandu

Nah sebelum kita akhiri artikel ini kali ini saya akan memberikan tips agar menjadi Tour Leader yang baik dan benar :

1. Menarik Penampilan nya 

Biasa nya pemandu yang berpenampilan menarik, unik, bersih dan menyenangkan akan di sukai wisatawan.

2. Luas Pengetahuan nya

Pemandu wisatawan yang berpengetahuan luas bukan hanya seorang guide yang menejalaskan seputar objek wisata yang di kunjungi namun juga banyak lain , sorang pemandu wisatawan biasa nya mendapat pujian lebih dari wisatawan.

3. Pengalaman Atau Jam Kerja Yang Lama

Pemandu wisata / Tour Leader yang jam kerja nya lama sudah pasti mempunyai wawasan yang jauh lebih baik ketimbang junior, dan itu biasa nya mendapat nilai plus tersendiri.

4. Mempunyai Skill Khusus

Misalkan dia juga seorang travel writer dan atau juga travel photographer. Biasanya seorang travel writer / photographerterbiasa untuk mengeksplorasi suatu objek lebih dalam sebelum bisa menghasilakn suatu karya yang layak untuk di publikasikan dengan begitu pengetahuan nya otomatis lebuh luas dan dalam pula.

5. Ramah Dan Ramah

Pemandu wisata / Tour Leader yang ramah dan tamah dengan setiap wisatwan tentu akan disegani dari pada yang sok tahu. Hal ini di karenakan untuk menarik kenyamanan dan kepuasan para tamu agar dapat kembali menggunakan perusahaan dari soerang pemandu wisata / Tour Leader.

6. Humoris

Pemandu wisatwa / Tour Leader yang berjiwa humoris hingga dapat membuat wisatawan tertawa meinimal tersenyum akan membuat perjalanan menjadi lebih berkesan dan lebih menyenangkan.

7. Cekatan 

Pemadu wisata / Tour Leader yang dinamis, gesit atau cekatan pasti lebih di sukai dari pada yang lamban dan pemalas.

8. Lancar Dan Cakap Berkomunikasi 

Ini yang harus lebih di perhatikan dalam menyampaikan informasi dengan bagasa dan suara yang memikat akan disegani wisatawan.

9. Jujur Dan Tulus

Kedua sifat ini menjadi modal dasar pemadu .kalu ia jujur dan tulus melakukan setiap pekerjaaanya akan terpancar dari aura dan perilakunya. Dan itu sangat disukai oleh wisatwan.
Sekian yang bisa saya sampaikan Tips Menjadi Tour Leader Yang Baik Dan Benar.

Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau penulisan nya dari saya terimakasih semoga bermanfaat.

SMK ICB 
Nama  : Muhamad Rizal Gustiwan
NIS     :1164821

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar